Membandingkan Versi Terbaik Eden Hazard dan Alexis Sanchez, Siapa yang Lebih Hebat?

Membandingkan Versi Terbaik Eden Hazard dan Alexis Sanchez, Siapa yang Lebih Hebat?
Eden Hazard merayakan gol ke gawang Arsenal di final Liga Europa 2018-19 © AP Photo
         - Eden Hazard dan Alexis Sanchez pernah menjadi lakon paling cemerlang di pentas Premier League. Lantas siapa yang terbaik saat keduanya berada di puncak tertinggi performanya?
Sebagai latar belakang kisah, ada baiknya mengetahui perjalanan karir keduanya di kompetisi sepakbola paling bergengsi Inggris tersebut. Hazard, sebagaimana yang diketahui, cukup lama melayani Chelsea.
Pemain asal Belgia tersebut direkrut dari Lille pada tahun 2012 lalu dengan mahar mencapai 32 juta pounds. Perjuangan Chelsea tidak sia-sia, pasalnya Hazard kini dikenal sebagai salah satu penampil terbaik di Stamford Brige.
Alexis Sanchez mendarat di Inggris dua tahun setelah kedatangan Hazard. Ia memutuskan pindah ke Arsenal usai ditebus dari Barcelona dengan biaya yang hampir sama, yakni 31,7 juta pounds.
Alexis pun dikenal sebagai salah satu penampil terbaik Arsenal. Kendati dirinya tidak bertahan di Emirates Stadium lebih lama ketimbang Hazard memperkuat the Blues.
Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.
1 dari 4

Pernah Berada di Puncak

Keduanya seperti terkena karma karena meninggalkan klub yang sama-sama berbasis di kota London tersebut. Bahkan Alexis Sanchez lebih parah, di mana dirinya tampil buruk bersama Manchester United dan kini terdampar ke Inter Milan.
Tapi, ibarat roda yang berputar, Alexis dan Hazard pernah merasakan puncak kejayaannya selama di Inggris. Tepatnya pada musim 2014/15, di mana keduanya sama-sama mencatatkan penampilan terbaik secara statistik.
Saat bicara yang terbaik, publik mungkin sepakat kalau Hazard pantas disematkan predikat itu. Sebab ia sukses membawa Chelsea menjadi juara. Sedangkan Alexis beserta Arsenal harus puas duduk di peringkat ketiga.
Tapi kalau dibandingkan secara personal, Alexis tidak kalah dengan Hazard. Pertama-tama mari membandingkan kontribusi keduanya dari sektor gol.
2 dari 4

Keterlibatan dalam Gol

Alexis memiliki kontribusi dalam 24 gol Arsenal kala itu (16 gol, delapan assist), dibanding Hazard yang terlibat dalam 23 gol (14 gol, sembilan assist. Ini bahkan bukan kontribusi gol terbaik Alexis selama di Arsenal.
Baik Alexis dan Hazard dikenal sebagai penggiring bola yang baik. Urusan ini, Hazard lebih baik. Whoscored mencatat kalau Hazard membuat 66 upaya menggiring bola lebih banyak dari pemain lainnya di Premier League musim itu (4.8 per 90 menit).
Jika ditotal, Hazard mencatatkan 181 upaya menggiring bola dan menjadi yang terbaik di karirnya. Sementara, pada musim yang sama, Alexis menempati peringkat kedua dengan 115 kali dribbling (3.5 per 90 menit).
3 dari 4

Pencetak Gol Ulung vs Pengedar Operan Mematikan

Tapi secara karakteristik bermain, keduanya terlihat cukup berbeda. Hazard, seperti yang pernah diakuinya, lebih memilih menjadi seorang pemberi umpan mematikan. Sementara Alexis terlihat seperti pencetak gol ulung.
Perbedaan ini bisa dilihat dari statistik tembakannya, di mana Alexis dengan torehan 3.7 tembakan per 90 menit mengungguli Hazard yang hanya melakukan 2.1 tendangan. Namun, ini tidak menjadi indikasi kalau Alexis adalah pemain yang individual.
Bagaimana tidak, Alexis juga terbilang rajin dalam memberikan operan kunci kepada rekan setimnya walau masih kalah dari perolehan Hazard. Pria asal Chile itu membuat 2.5 key pass, dan Hazard menciptakan 2.7 key pass.
4 dari 4

Siapa yang Terbaik?

Alexis juga terbilang jauh lebih rajin membantu lini belakang ketimbang Hazard. Perlu diketahui bahwa pria yang sekarang berusia 31 tahun itu membuat rata-rata tackling sebesar 2.1 per pertandingan.
Hazard kalah telak. Ia hanya membukukan rata-rata tackling sebesar 0.7 per 90 menit. Bahkan Alexis pun membuat 13 tackling sukses lebih banyak ketimbang Hazard.
Kendati demikian, Hazard unggul dalam sektor yang lebih banyak ketimbang Alexis termasuk dalam soal perolehan man of the Match. Hazard 10, sedangkan Alexis delapan. Sehingga Whoscored pun menobatkan Hazard sebagai pemain terbaik Premier League di musim 2014/2015 dan Alexis harus puas sebagai runner-up.
Perolehan rating secara keseluruhan:
1. Eden Hazard (7.96)
2. Alexis Sanchez (7.81)
(Whoscored)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2