Bayern Munchen vs Borussia Dortmund, Gengsi 'Penguasa' Jerman


Sudah menjadi rahasia umum dimana pada kesempatan musim 2012/13 ini Liga Champions Eropa menyuguhkan pertandingan "derby" Jerman. Ya, pada final musim ini mempertemukan dua klub dari Jerman, Bayern Munchen vs Borussia Dortmund. Pertemuan ini terasa spesial karena diketahu bersama bahwa Munchen dan Dortmund merupakan seteru di Bundesliga Jerman.
Bayern Munchen vs Borussia Dortmund
Pada babak semi-final memang penampilan Munchen lebih menjanjikan, dimana Munchen mampu menyingkirkan Barcelona dengan agregat gol yang sangat  meyakinkan, 7-0!. Rinciannya adalah, 4-0 pada pertemuan leg pertama dikandang Munchen, dan 0-3 pada pertemuan leg kedua dikandang Barcelona. Meyakinkan, bukan?.

Meski tak semencolok hasil Munchen vs Barca, namun Dortmund tak kalah hebat, mereka mampu menyingkirkan Real Madrid dengan agregat skor 4-3. Rincian gol tersebut masing-masing 4-1 pada pertemuan pertama di kandang Dortmund, dan 0-2 dipertemuan kedua di kandang Madrid. Hal ini cukup untuk menegaskan bahwa Dortmund layak melangkah ke final, mengingat saat babak penyisihan grup, Dortmund memuncaki klasemen diatas Madrid.

Final Liga Champions musim ini secara tidak langsung memunculkan gengsi 'penguasa' Jerman. Seperti diketahui bahwa dalam beberapa musim terakhir ini kedua klub saling bersaing untuk memperebutkan gelar juara Bundesliga. Munchen juara Bundesliga musim ini, namun pada dua edisi sebelumnya, Bundesliga adalah 'milik' Dortmund.

Sepertinya Munchen lebih diunggulkan atas Dortmund, namun pertandingan final bukanlah sesuatu yang mudah diprediksi, mengingat segala kemungkinan bisa terjadi di 2x45 menit. Apapun hasilnya, saya kira Jerman layak berbangga, dua wakilnya berada di final, dan sudah pasti bahwa tropi juara akan dibawa ke Jerman. Secara pribadi saya lebih suka Dortmund, dan beharap Dortmund bisa menjadi juara, dengan segala alasan, tanpa mengecilkan peluang Munchen.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2