Review: Jinakkan Valencia, Barca Mantap di Puncak


 Barcelona memantapkan diri di puncak klasemen sementara La Liga 2012/13 dengan menjinakkan Valencia. Bermain di kandang sendiri, Barca menang tipis 1-0 dan sukses mengamankan tiga angka.


Gol tunggal nan spektakuler Adriano di Camp Nou, Senin (03/9), memastikan Barcelona tetap menjadi penguasa klasemen dengan sembilan poin hasil tiga kemenangan sejak jornada pertama. Valencia sempat menyamakan kedudukan, tapi gol Victor Ruiz dianulir oleh wasit Miguel Perez Lasa‎.

Alexandre Song melakoni debutnya sebagai pemain Barcelona di La Liga kala meladeni Valencia, sedangkan Jordi Alba, eks bintang Los Che, memulai laga dari bangku cadangan.

Song dipercaya mengawal lini tengah Barcelona bersama Xavi dan Cesc Fabregas.

Demi mengulangi hasil positif kala menahan imbang Real Madrid pada jornada pertama, Valencia menurunkan komposisi terbaiknya, termasuk mesin gol Roberto Soldado di lini depan.

Barcelona, seperti biasanya, unggul mutlak dalam hal penguasaan bola. Akan tetapi, rapatnya pertahanan Valencia membuat sang raksasa Catalan kesulitan mencetak angka. Total, mereka hanya menciptakan lima buah tembakan tepat sasaran dan satu yang bersarang di gawang lawan.

Catatan lebih buruk di kubu Valencia. Sepanjang laga, tim tamu hanya memiliki satu shot on goal. Selebihnya, mereka dipaksa berlari mengejar bola hingga peluit panjang dibunyikan.

Gol semata wayang Barcelona sendiri lahir di babak pertama, tepatnya pada menit 22. Bola pendek dari Messi di titik corner diterima Adriano, yang kemudian mendapatkan ruang di ujung kotak penalti Valencia dan melepaskan tendangan keras ke sudut gawang Alves.

Salah satu peluang Valencia untuk menyamakan kedudukan hadir pada menit 60. Tendangan bebas Tino Costa diteruskan oleh Ruiz lewat bawah Victor Valdes, tapi wasit menganulirnya.

Kemenangan ini membuat Barcelona berhasil mempertahankan start 100 persen di La Liga hingga pertandingan ketiga. Barca pun kukuh di posisi teratas klasemen dengan selisih dua poin dari para rival terdekatnya, yaitu Mallorca, Malaga, dan Rayo Vallecano. Di lain pihak, Valencia terdampar di peringkat 17 dengan dua angka.

Barcelona 1-0 Valencia
22' (1-0) Adriano

Susunan pemain Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves (Alba 46'), Pique (kuning 13'), Mascherano, Adriano; Song, Xavi, Fabregas (Iniesta 64'); Pedro, Messi, Alexis (Busquets 87').
Cadangan: Pinto, Bartra, Alba, Busquets, Iniesta, Tello, Villa.

Susunan pemain Valencia (4-2-3-1): Alves; Pereira, Rami (kuning 88'), Ruiz, Cissokho; Albelda (kuning 54') (Gago 77'), Tino Costa; Feghouli (Valdez 82'), Jonas, Guardado (kuning 29') (Viera 77'); Soldado.
Cadangan: Guaita, Barragan, Parejo, Gago, Viera, Piatti, Valdez.

Statistik Barcelona - Valencia
Gol: 1 -0
Shots: 14 - 6
Shots on goal: 5 - 1
Penguasaan bola: 67% - 33%
Pelanggaran: 10 - 12
Corner: 5 - 5
Offside: 3 - 3
Kartu kuning: 1 - 3
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 1 - 4.

Source: http://www.bola.net/spanyol/review-jinakkan-valencia-barcelona-mantap-di-puncak-90b270.html

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2