Review: Tekuk Milan, Juve Menangi Trofeo Berlusconi


Juventus membuktikan diri lebih siap daripada AC Milan dalam menyambut Serie A 2012/13. Di turnamen tradisional pembuka musim, Trofeo Berlusconi, Juve menaklukkan sang rival 3-2.


Bermain di San Siro, Senin (20/8), Milan unggul cepat lewat Robinho, tapi Claudio Marchisio dan Arturo VIdal berhasil membuat Juventus balik memimpin sebelum jeda. Alessandro Matri lalu menegaskan keunggulan Juventus di babak kedua, dan gol kedua Robinho dari titik putih menjadi aksi penutup laga.

Milan turun tanpa Antonio Cassano, Massimo Ambrosini dan Philippe Mexes. Gelandang Riccardo Montolivo ditempatkan di posisi yang lebih defensif. Kevin-Prince Boateng melengkapi trisula lini depan Rossoneri bersama Emanuelson dan Robinho. Cristian Zapata melakoni debut di barisan belakang dengan kompatriotnya, Mario Yepes, sementara Stephan El Shaarawy terpaksa absen akibat masalah kebugaran.

Juventus tak diperkuat Andrea Pirlo dan Gianluigi Buffon, yang mengalami cedera saat melawan Napoli di Piala Super Italia. Menghindari risiko, keduanya pun diistirahatkan bersama Giorgio Chiellini dan Martin Caceres. Matri memulai laga dari bangku cadangan, sedangkan Sebastian Giovinco dan Mirko Vucinic dipasang sebagai starter dengan dukungan pemain baru Paul Pogba.

Milan unggul cepat di menit ke-9. Robinho berakselerasi ke jantung pertahanan Juventus dan melepaskan operan kepada Flamini. Tembakan sudut sempit Flamini membentur tiang dan memantul ke arah Robinho, yang kemudian menuntaskannya dari jarak dekat.

Keunggulan Milan tidak bertahan lama. Empat menit berselang, Marchisio mencetak gol memanfaatkan crossing rendah Paolo De Ceglie dan membuat kedudukan kembali sama kuat.

Seolah mendapatkan suntikan semangat, Juventus pun menaikkan tempo dan meningkatkan serangan demi menciptakan gol kedua.

Upaya Juventus untuk membalikkan keadaan terwujud beberapa menit sebelum jeda. Vidal lolos dari jebakan offside, mengelabui seorang pemain bertahan, dan melesakkan bola ke gawang Milan tanpa dapat dihentikan oleh Abbiati.

Di babak kedua, Juventus semakin menunjukkan dominasinya. Matri, yang masuk sebagai pemain pengganti, bahkan sukses melebarkan selisih skor pada menit ke-63.

Di tengah tekanan, Milan justru berhasil menyempitkan jarak. Pada menit 76, tusukan Robinho dihentikan secara ilegal di dalam area terlarang. Forward Brasil itu mengambil sendiri hadiah penalti yang diberikan wasit dan mengubah skor menjadi 2-3 untuk timnya.

Pemanasan sudah selesai. Berikutnya adalah Serie A yang dibuka minggu depan, di mana Juventus akan menjamu Parma, sedangkan Milan menerima kunjungan Sampdoria.

Milan 2-3 Juventus
09' (1-0) Robinho
13' (1-1) Marchisio
43' (1-2) Vidal
64' (1-3) Matri
77' (2-3) Robinho, pen

Susunan pemain Milan: Abbiati; Abate (Nocerino 50'), Zapata, Yepes, Antonini (De Sciglio 46'); Flamini (Traore 63'), Montolivo, Constant, Boateng (Valoti 80'), Emanuelson (Pato 46'), Robinho.

Susunan pemain Juventus: Storari; Barzagli (Masi 69'), Marrone (Rugani 89'), Lucio (Bonucci 46'); De Ceglie (Ziegler 46'), Padoin (Giaccherini 46'), Vidal, Pogba, Marchisio (Lichtsteiner 46') (Asamoah 86'); Giovinco (Quagliarella 46'), Vucinic (Matri 46').


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2