Review: Pertunjukan Mental Juara City di Laga Perdana


Juara bertahan Manchester City mengawali perjalanannya di Premier League 2012/13 dengan kemenangan. Mental juara menjadi kunci City menekuk tim promosi Southampton 3-2 di kandang. Mereka meraihnya dengan susah payah, bahkan Sergio Aguero pun harus menjadi tumbal.


Laga di Etihad Stadium, Minggu (19/8), berjalan cukup alot. Rapatnya pertahanan dan tajamnya serangan balik Southampton membuat City kesulitan. Setelah cederanya Aguero dan kegagalan penalti David Silva, City akhirnya unggul lewat gol yang diciptakan oleh Carlos Tevez di penghujung babak pertama. Rickie Lambert dan Steven Davis sempat mengejutkan publik tuan rumah di babak kedua, tapi Edin Dzeko dan Samir Nasri memastikan poin maksimal dan posisi lima klasemen sementara untuk sang juara bertahan.

Roberto Mancini memasukkan nama Jack Rodwell, rekrutan tunggalnya di bursa musim panas sejauh ini, dalam starting eleven City. Dia menugasi eks pemain Everton itu untuk mengawal barisan tengah City bersama Yaya Toure. Di lini depan, Mancini memilih menduetkan Tevez dan Aguero.

Di lain pihak, manajer Southampton Nigel Adkins secara tak terduga justru mencadangkan top scorer-nya musim lalu, Lambert.

Delapan menit laga berjalan, City menerima pukulan. Mesin gol mereka, Aguero, terkapar akibat tekel Nathaniel Clyne. Dia pun digantikan oleh Dzeko.

City lalu mendapatkan kesempatan emas untuk mencetak gol pertama lewat titik putih setelah Tevez dijatuhkan Jos Hooiveld di dalam kotak penalti, tapi eksekusi Silva terlalu lemah dan bisa dimentahkan oleh Kelvin Davis.

Berkali-kali mencoba, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Lima menit jelang jeda, sepakan Tevez memanfaatkan operan terobosan Nasri sukses menggetarkan gawang Southampton. Gol itu sendiri sedikit berbau offside dan sempat mendapatkan protes dari kubu lawan.

Babak kedua berjalan lebih sengit. City, yang berhasrat memperlebar selisih skor, justru berbalik tertinggal lewat gol-gol dua pemain pengganti Southampton. Gol penyama kedudukan lahir dari kaki Lambert, sedangkan gol kedua dari serangan balik yang diselesaikan dengan sempurna oleh Davis.

Demi meningkatkan serangan, Mancini lalu menarik Silva dan menggantinya dengan Mario Balotelli.

Dalam keadaan tertinggal, City bangkit dan menunjukkan kapasitas mereka sebagai tim yang berhasil berdiri di puncak Inggris musim lalu. Empat menit setelah gol Davis, Dzeko menjadikan skor 2-2 dalam sebuah kemelut di depan gawang. Delapan menit berselang, Nasri membawa sang juara bertahan kembali berada di depan.

Southampton tak memiliki cukup waktu untuk menyamakan kedudukan. Skor 3-2 pun bertahan hingga wasit Howard Webb meniup peluit panjang.

Susunan pemain City: Hart; Zabaleta, Kompany, Lescott, Clichy; Y Toure, Rodwell; Silva (Balotelli 72'), Nasri (gol 80', kuning 82'), Tevez (gol 40') (Kolarov 87'); Aguero (Dzeko 14' - gol 72').
Cadangan: Pantilimon, Kolarov, Savic, De Jong, Milner, Balotelli, Dzeko.

Susunan pemain Southampton: Davis; Clyne, Fonte, Hooiveld, Fox (kuning 62'); Ward-Prowse (S Davis 65' - gol 68'), Schneiderlin (kuning 87'), Lallana, Puncheon (Sharp 86'); Guly; Rodriguez (Lambert 55' - gol 59', kuning 60').
Cadangan: Gazzaniga, Lambert, S. Davis, Sharp, Richardson, Shaw, Seaborne.

Statistik City - Southampton
Gol: 3 -2
Shots: 23 - 10
Shots on goal: 8 - 2
Penguasaan bola: 64% - 36%
Pelanggaran: 4 - 7
Corner: 7 - 3
Offside: 2 - 1
Kartu kuning: 1 - 2
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 0 - 5.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2