Review: Madrid Tersendat di Jornada Perdana


Real Madrid gagal meraup poin maksimal di jornada perdana La Liga 2012/13. Menjamu Valencia, Los Blancos hanya sanggup bermain imbang. Kecemerlangan Diego Alves di bawah mistar membuat sang juara bertahan gagal mengamankan tiga angka.


Pertandingan Madrid kontra Valencia di Santiago Bernabeu, Senin (20/8), berkesudahan 1-1. Gonzalo Higuain membawa Madrid memimpin di menit-menit awal, tapi gol Jonas beberapa saat sebelum jeda memastikan kedua tim berbagi satu angka.

Arsitek Madrid Jose Mourinho memilih Higuain daripada Karim Benzema sebagai starter dan menjadikannya sebagai striker tunggal dengan dukungan Cristiano Ronaldo, Mesut Ozil serta Angel Di Maria. Di lini tengah, Mourinho menurunkan Lassana Diarra untuk berpartner dengan Xabi Alonso.

Sementara itu, dari kubu Valencia, Mauricio Pellegrino mengandalkan dua mantan bintang Madrid di skuadnya, Roberto Soldado sebagai ujung tombak dan Fernando Gago di barisan tengah.

Madrid mengawali pertandingan dengan percaya diri. Di empat  menit awal, Los Blancos sudah menciptakan dua peluang, yaitu dari tendangan Ronaldo dan Di Maria, tapi belum ada yang menemui sasaran.

Higuain membawa Madrid unggul terlebih dahulu pada menit 10 setelah mematahkan perangkap offside para pemain belakang Valencia dan berhasil menaklukkan Alves di bawah mistar.

Setelah gol itu, penguasaan bola Madrid membuat Valencia kesulitan mengembangkan permainan.

Pada menit ke-30, nyaris terjadi petaka bagi kubu Madrid. Feghouli membawa bola ke arah gawang, melakukan gerak tipu, dan dijatuhkan oleh kiper Iker Casillas. Ternyata, hakim garis sudah memvonisnya offside. Jika bendera tidak diangkat, itu bisa jadi penalti untuk Valencia dan kartu merah untuk Casillas.

Sekitar 12 menit setelah aksi Feghouli itu, gawang Madrid benar-benar bergetar. Tendangan bebas Tino Costa disambut oleh Jonas dengan sebuah sundulan di tengah kerumunan pemain Madrid, mendahului terjangan Casillas, dan menjadikan keadaan kembali sama kuat.

Casillas sendiri langsung terkapar di lapangan. Ketika berusaha menangkap bola, dia bertabrakan dengan Pepe. Pertandingan pun sempat dihentikan beberapa saat agar kedua pemain tersebut bisa mendapatkan perawatan.

Memasuki babak kedua, Mourinho mengganti Pepe dengan Raul Albiol, sedangkan Casillas tetap dipercaya di bawah mistar.

Tak ingin poin maksimal melayang di laga pembuka, Mourinho pun mengganti skema penyerangan Madrid. Dia menarik keluar Diarra, menggantinya dengan Benzema, dan memasang dua striker di lini depan.

Madrid kemudian meningkatkan intensitas serangan dan beberapa kali mengancam gawang Valencia. Sejumlah peluang emas mereka dapatkan, di antaranya lewat tendangan keras Ozil yang ditepis Alves dan sundulan Higuain yang menerpa tiang.

Digantikannya Soldado oleh Parejo, yang berposisi sebagai gelandang, ketika laga menyisakan 20 menit, mengindikasikan bahwa Valencia mulai lebih fokus bertahan. Sepertinya mereka siap mempertahankan hasil imbang.

Mengandalkan serangan balik dan kecemerlangan Alves, yang berulang kali mementahkan peluang para pemain Madrid, Valencia benar-benar membuat kubu tuan rumah panas dingin karena tak kunjung berhasil menambah gol.

Ronaldo pun tidak segarang biasanya. Ketatnya penjagaan Joao Pereira, yang juga berasal dari Portugal, membuat forward Madrid itu cukup kesulitan menerobos lini belakang Valencia.

Wasit Carlos Delgado Ferreiro‎ meniup peluit panjang dan skor 1-1 pun menjadi hasil akhir di Bernabeu.

Susunan pemain Madrid (4-2-3-1): Casillas; Arbeloa, Pepe (Albiol 46'), Ramos, Coentrao; Alonso (kuning 74'), Diarra (Benzema 62'); Di Maria (Callejon 71'), Ozil, Ronaldo; Higuain (gol 10').
Cadangan: Khedira, Kaka, Benzema, Marcelo, Adan, Albiol, Callejon.

Susunan pemain Valencia (4-2-3-1): Alves; Pereira (kuning 84), R. Costa, Ruiz (kuning 50'), Mathieu; T. Costa, Gago; Feghouli (kuning 31') (Valdez 81'), Jonas (gol 42'), Guardado (Piatti 66', kuning 87'); Soldado (Parejo 71').
Cadangan: Rami, Albelda, Piatti, Barragan, Valdez, Parejo, Felipe.

Statistik Madrid - Valencia
Gol: 1 -1
Shots: 24 - 5
Shots on goal: 9 - 1
Penguasaan bola: 61% - 39%
Pelanggaran: 10 - 16
Corner: 12 - 5
Offside: 3 - 4
Kartu kuning: 1 - 4
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 0 - 8.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2