Review: Ledakan Chelsea dan Hazard di Laga Pembuka


Chelsea membuktikan diri sebagai salah satu kandidat kuat juara Premier League 2012/13. Pasukan Roberto Di Matteo membungkam tuan rumah Wigan Athletic 2-0 di pekan perdana. Gelandang baru The Blues Eden Hazard berperan besar memberi timnya kemenangan.


Dua gol Chelsea di DW Stadium, Minggu (19/8), tercipta hanya dalam kurun waktu tujuh menit awal. Gol pertama dibuat oleh Branislav Ivanovic memanfaatkan assist Hazard, sedangkan gol kedua lahir dari penalti Frank Lampard setelah Hazard dijatuhkan di dalam area terlarang. Kemenangan ini membuat Chelsea menempati posisi empat di klasemen sementara. Selain itu, mereka juga sukses mempertahankan rekor tak pernah kalah dalam laga perdana Premier League sejak 1998.

Wigan menurunkan pemain incaran Chelsea Victor Moses dan rekrutan anyar Ivan Ramis di starting eleven mereka, sementara Chelsea memberi kesempatan kepada Hazard, yang baru ditransfer dari Lille dengan biaya mencapai 32 juta Poundsterling, untuk melakoni debutnya di Premier League.

Di Matteo mempercayakan jantung pertahanan Chelsea kepada John Terry dan David Luiz, sedangkan Lampard, Juan Mata, John Obi Mikel serta Fernando Torres diserahi tanggung jawab di barisan tengah dan lini depan. Beda dengan Hazard, Oscar, yang juga personel baru Chelsea, harus duduk di bangku cadangan.

Hanya dua menit laga berjalan, Hazard langsung unjuk kehebatan. Menerima bola di lingkaran tengah, dia lalu melepaskan operan terobosan ke sisi kanan yang berhasil dikejar, dikuasai, dan dimaksimalkan menjadi gol oleh Ivanovic.

Belum pulih dari gol cepat Ivanovic, barisan pertahanan Wigan kembali mendapatkan teror dari Hazard. Tusukannya ke sisi kanan kotak penalti sampai memaksa Ramis menghentikannya secara ilegal. Debut yang kurang menyenangkan untuk mantan bek Mallorca itu. Wasit kemudian menunjuk titik putih, dan Lampard mengeksekusinya dengan sempurna untuk membawa Chelsea memimpin dua angka.

Kebobolan dua gol tidak membuat Wigan patah arang. Pasukan Roberto Martinez itu kemudian bangkit dan memberikan perlawanan. Wigan balik menguasai permainan, tapi beberapa upaya mereka untuk membalas tak kunjung membuahkan hasil.

Chelsea, yang berada di bawah tekanan, juga mengalami hal serupa. Torres bahkan cukup 'tenang' di posnya. Skor 2-0 yang dihasilkan di tujuh menit pertama pun bertahan hingga jeda.

Babak kedua berjalan 18 menit, Chelsea nyaris memperlebar jarak. Torres, di tengah kepungan tiga pemain bertahan Wigan dan kiper Al-Habsi, menyontek bola ke gawang kosong, tapi Ramis berhasil membayar kesalahan di menit awal dengan menyapunya tepat sebelum melintasi garis.

Di Matteo lalu menarik keluar Hazard dan memasukkan pemain barunya yang lain, Oscar. Gelandang serang 20 tahun asal Brasil yang mantan bintang Internacional itu hampir memberi dampak instan. Tiga menit di atas lapangan, dia melepaskan tembakan menyilang dari sisi kanan, tapi tidak menemui sasaran.

Wigan, dengan dimotori Moses, berulang kali merangsek lini belakang Chelsea. Dua peluang emas mereka lewat sundulan Kone dan overhead Gomez di penghujung laga juga belum berhasil merobek gawang The Blues yang dikawal Petr Cech.

Susunan pemain Wigan: Al Habsi; Boyce, Alcaraz, Caldwell (kuning 11'), Figueroa; Maloney (Gomez 49'), McArthur (kuning 57') (Watson 80'), McCarthy, Ramis, Moses; Di Santo (Kone 67').
Cadangan: Pollitt, Kone, Jones, Crusat, Watson, Gomez, Boselli.

Susunan pemain Chelsea: Cech; Ivanovic (gol 2'), David Luiz (kuning 35'), Terry, Cole; Lampard (gol penalti 7', kuning 81'), Mikel; Hazard (Oscar 64'), Mata (Meireles 82'), Bertrand; Torres.
Cadangan: Turnbull, Cahill, Ferreira, Essien, Meireles, Oscar, Sturridge.

Statistik Wigan - Chelsea
Gol: 0 -2
Shots: 14 - 6
Shots on goal: 4 - 4
Penguasaan bola: 52% - 48%
Pelanggaran: 17 - 11
Corner: 7 - 1
Offside: 0 - 2
Kartu kuning: 2 - 2
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 2 - 4.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2