Review: Gebuk Chelsea, Atletico Juara Piala Super Eropa


Atletico Madrid melengkapi titel Liga Europa 2011/12 dengan trofi Piala Super Eropa 2012. Atletico meraihnya setelah menggebuk sang juara Liga Champions 2011/12, Chelsea, dengan skor telak 4-1. Falcao menjadi mimpi buruk The Blues dengan tiga golnya.


Kejutan tercipta di Stade Louis II, Monaco, Sabtu (01/9). Chelsea, yang lebih diunggulkan dengan statusnya sebagai jawara Liga Champions musim lalu, justru takluk di tangan Atletico. Falcao mencetak hat-trick dan membawa Atletico memimpin 3-0 hingga jeda. Miranda menjadikannya 4-0 di babak kedua sebelum Gary Cahill membalas satu gol pada 15 menit terakhir laga.

Chelsea berulang kali menekan, tapi pertahanan berlapis Atletico membuat mereka kesulitan mencetak angka. Fernando Torres, yang diandalkan manajer Roberto Di Matteo untuk menghadapi mantan klubnya itu, juga tak bisa berbuat banyak di lini depan.

Melawan Atletico, yang mengandalkan counter attack, para gelandang Chelsea kurang mendukung lini belakangnya. Itu membuat empat bek The Blues, yang minus John Terry akibat skorsing, sangat terbuka terhadap setiap serangan dan mereka harus membayarnya dengan mahal.

Tiga buah serangan balik cepat Atletico di babak pertama diselesaikan dengan sempurna oleh Falcao, yaitu lewat tendangan chip pada menit ke-6, lalu tendangan melengkung 13 menit berselang, dan finishing tenang tepat sebelum jeda. Itu adalah hat-trick pertama di Piala Super Eropa sejak Terry McDermott untuk Liverpool pada tahun 1977 silam.

Bagi Falcao, itu adalah hat-trick kedua dalam kurun waktu sepekan setelah sebelumnya dia melakukan hal yang sama saat melawan Athletic Bilbao di pentas La Liga.

Babak kedua tidak banyak berubah. Chelsea masih kesulitan menembus barisan belakang Atletico dan hanya sanggup membalas satu gol lewat Cahill pada menit 75 memanfaatkan kemelut di depan gawang Courtois pasca-tendangan sudut Lampard. Gol hiburan Itu pun tercipta setelah mereka kebobolan gol keempat lewat kaki Miranda beberapa menit sebelumnya.

Ini adalah gelar Piala Super Eropa kedua bagi Atletico setelah mereka meraihnya dengan menekuk Inter Milan 2-0 pada tahun 2010 silam.

Koleksi gelar Piala Super Eropa Atletico kini sejajar dengan Anderlecht, Juventus dan Valencia.

Chelsea 1-4 Atletico
06' (0-1) Falcao
19' (0-2) Falcao
45' (0-3) Falcao
60' (0-4) Miranda
75' (1-4) Cahill

Susunan pemain Chelsea (4-2-3-1): Cech; Ivanovic (kuning 29'), Cahill (gol 75'), David Luiz, Cole (Bertrand 90'); Mikel, Lampard; Ramires (Oscar 46'), Hazard, Mata (Sturridge 82'); Torres.
Cadangan: Turnbull, Bertrand, Oriol Romeu, Meireles, Moses, Oscar, Sturridge.

Susunan pemain Atletico (4-2-3-1): Courtois; Juanfran, Godin, Miranda (gol 60'), Filipe Luis; Mario Suarez, Gabi; Adrian (Cristian Rodriguez 56'), Koke (Raul Garcia 81'), Arda Turan; Falcao (gol 6', 19', 45') (Emre 87').
Cadangan: Asenjo, Silvio, Cata Diaz, Raul Garcia, Emre, Diego Costa, Cristian Rodriguez.

Statistik Chelsea - Atletico
Gol: 1 -4
Shots: 12 - 18
Shots on goal: 7 - 12
Penguasaan bola: 58% - 42%
Kartu kuning: 1 - 0
Kartu merah: 0 - 0.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2