Review: Barca Tancapkan Tiga Poin Perdana La Liga


Barcelona FC langsung tampil ganas di laga perdana La Liga 2012/13, dengan meremukkan Real Sociedad 5-1 pada pertandingan yang berlangsung di Nou Camp, (20/8).


Lionel Messi menjadi aktor dengan dua golnya, serta kembalinya David Villa di skuad Barca ditandai dengan satu golnya yang dicetak pada menit ke-84.

Menekan sejak menit pertama, Barca mengurung pertahanan Sociedad melalui penguasaan bola yang prima, sebagaimana ciri khas tim asal Catalan tersebut.

Tidak membutuhkan waktu lama, intensitas serangan Barca membuahkan hasil pada menit ke-5, melalui sundulan Carles Puyol memanfaatkan sepak pojok yang dieksekusi oleh Xavi Hernandez. 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal satu gol membuat Sociedad berupaya keras mengejar ketertinggalan. Sebuah peluang yang diciptakan Xabi Prieto gagal dikonversi Gonzalo Castro untuk menyamakan kedudukan.

Hingga akhirnya pada menit ke-9, Castro tidak lagi melewatkan peluang mencetak gol bagi klub barunya. Memanfaatkan lengahnya pertahanan Barca, Castro berhasil membuat gol yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Sayang hasil itu tidak bertahan lama. Dua menit berselang, Lionel Messi melalui kecerdikannya melepaskan diri dari kawalan dua bek Sociedad dan menceploskan bola ke gawang tim tamu, serta merubah kedudukan menjadi 2-1 bagi tuan rumah.

Empat menit kemudian, Messi kembali sukses menambah pundi-pundi golnya, ketika memotong bola umpan Cristian Tello melewati halauan kiper Claudio Bravo. 3-1 untuk keunggulan Blaugrana.

Selanjutnya pertandingan seakan menjadi milik Barcelona. Dengan terus mengalirkan bola menuju pertahanan Sociedad, gol tambahan bagi tuan rumah seakan tinggal menunggu waktu.

Gencarnya serangan Barcelona berusaha diimbangi melalui serangan balik oleh Sociedad, yang beberapa kali kerap membahayakan gawang Victor Valdes.

Gol untuk Barca akhirnya kembali tercipta di menit ke-41. Melalui skema serangan yang cantik, Pedro Rodriguez turut mencatatkan nama di papan skor, kembali lewat assist yang dibuat Tello.

Skor 4-1 untuk Barca bertahan hingga jeda pertandingan di Nou Camp.

Babak kedua dimulai, dengan Sociedad memulai inisiatif serangan lebih awal. Meski tertinggal tiga gol, namun anak asuh Philippe Montanier tampak belum menyerah.

Rapatnya barisan pertahanan Barcelona yang pada babak kedua digalang Gerard Pique membuat sejumlah peluang Sociedad gagal diselesaikan menjadi gol. Sementara Barca masih terus membombardir lini belakang tim tamu.

Kedudukan masih belum berubah, meski kedua tim telah melakukan sejumlah pergantian pemain guna mengubah strategi mencetak gol. David Villa juga akhirnya diturunkan, setelah menderita cedera di awal musim lalu.

Kesempatan itu tidak disia-siakan Villa, di mana 10 menit kemudian ia sukses mencetak gol sebagai penanda comeback-nya di skuad utama Barca musim ini. Umpan mendatar dari Iniesta disonteknya ke gawang Sociedad, mengubah skor menjadi 5-1 untuk Barca.

Kedudukan tersebut tidak berubah hingga akhir pertandingan, di mana Barcelona sukses menorehkan tiga poin perdana mereka di La Liga musim 2012/13 dan siap kembali ke jalur juara.

Susunan pemain Barcelona (4-3-3): Victor Valdes; Dani Alves, Javier Mascherano, Carles Puyol (Gerard Pique 50'), Jordi Alba; Sergio Busquets, Cesc Fabregas (Andres Iniesta 58'), Xavi; Pedro Rodriguez (David Villa 74'), Lionel Messi, Cristian Tello.

Susunan pemain Real Sociedad (4-3-3): Claudio Bravo; Mikel Gonzalez, Jon Ansotegui, Alberto de la Bella, Daniel Estrada; Gorka Urkola (Carlos Vela 65'), Gonzalo Castro (Jose Angel 73'), Markel Bergara Larranaga; Illarramendi (Javier Ariel Rosada 80'), Antoine Griezmann, Xabi Prieto.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2